Entis Sutisna

Minggu, 13 Maret 2016

Bagian-bagian Dari UML

Bagian-bagian utama dari UML adalah view, diagram, model element, dan general mechanism.

1. View

View digunakan untuk melihat sistem yang dimodelkan dari beberapa aspek yang

berbeda. View bukan melihat grafik, tapi merupakan suatu abstraksi yang berisi

sejumlah diagram.

Beberapa jenis view dalam UML antara lain: use case view, logical view, component

view, concurrency view, dan deployment view.

  •  Use case view

Mendeskripsikan fungsionalitas sistem yang seharusnya dilakukan sesuai yang

diinginkan external actors. Actor yang berinteraksi dengan sistem dapat berupa user

atau sistem lainnya.

View ini digambarkan dalam use case diagrams dan kadang-kadang dengan activity

diagrams.

View ini digunakan terutama untuk pelanggan, perancang (designer), pengembang

(developer), dan penguji sistem (tester).

Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak 0-2

Pendahuluan

  • Logical view

Mendeskripsikan bagaimana fungsionalitas dari sistem, struktur statis (class, object,

dan relationship ) dan kolaborasi dinamis yang terjadi ketika object mengirim pesan

ke object lain dalam suatu fungsi tertentu.

View ini digambarkan dalam class diagrams untuk struktur statis dan dalam state,

sequence, collaboration, dan activity diagram untuk model dinamisnya.

View ini digunakan untuk perancang (designer) dan pengembang (developer).

  •  Component view

Mendeskripsikan implementasi dan ketergantungan modul. Komponen yang

merupakan tipe lainnya dari code module diperlihatkan dengan struktur dan

ketergantungannya juga alokasi sumber daya komponen dan informasi administrative

lainnya.

View ini digambarkan dalam component view dan digunakan untuk pengembang

(developer).
 

Concurrency view

Membagi sistem ke dalam proses dan prosesor.

View ini digambarkan dalam diagram dinamis (state, sequence, collaboration, dan

activity diagrams) dan diagram implementasi (component dan deployment diagrams)

serta digunakan untuk pengembang (developer), pengintegrasi (integrator), dan

penguji (tester).

  •  Deployment view

Mendeskripsikan fisik dari sistem seperti komputer dan perangkat (nodes) dan

bagaimana hubungannya dengan lainnya.

View ini digambarkan dalam deployment diagrams dan digunakan untuk pengembang

(developer), pengintegrasi (integrator), dan penguji (tester).

2. Diagram

    Diagram berbentuk grafik yang menunjukkan simbol elemen model yang disusun

untuk mengilustrasikan bagian atau aspek tertentu dari sistem.

Sebuah diagram merupakan bagian dari suatu view tertentu dan ketika digambarkan

biasanya dialokasikan untuk view tertentu. Adapun jenis diagram antara lain :

  •  Use Case Diagram

Menggambarkan sejumlah external actors dan hubungannya ke use case yang

diberikan oleh sistem. Use case adalah deskripsi fungsi yang disediakan oleh sistem

dalam bentuk teks sebagai dokumentasi dari use case symbol namun dapat juga

dilakukan dalam activity diagrams.

Use case digambarkan hanya yang dilihat dari luar oleh actor (keadaan lingkungan

sistem yang dilihat user) dan bukan bagaimana fungsi yang ada di dalam sistem.

  • Class Diagram

Menggambarkan struktur statis class di dalam sistem. Class merepresentasikan

sesuatu yang ditangani oleh sistem. Class dapat berhubungan dengan yang lain

melalui berbagai cara: associated (terhubung satu sama lain), dependent (satu class

tergantung/menggunakan class yang lain), specialed (satu class merupakan

spesialisasi dari class lainnya), atau package (grup bersama sebagai satu unit).

Sebuah sistem biasanya mempunyai beberapa class diagram.

Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak 0-3

Pendahuluan

  • State Diagram

Menggambarkan semua state (kondisi) yang dimiliki oleh suatu object dari suatu

class dan keadaan yang menyebabkan state berubah. Kejadian dapat berupa object

lain yang mengirim pesan.

State class tidak digambarkan untuk semua class, hanya yang mempunyai sejumlah

state yang terdefinisi dengan baik dan kondisi class berubah oleh state yang berbeda.

  • Sequence Diagram

Menggambarkan kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Kegunaanya untuk

menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antara object,

sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem.

  •  Collaboration Diagram

Menggambarkan kolaborasi dinamis seperti sequence diagrams. Dalam menunjukkan

pertukaran pesan, collaboration diagrams menggambarkan object dan hubungannya

(mengacu ke konteks). Jika penekannya pada waktu atau urutan gunakan sequence

diagrams, tapi jika penekanannya pada konteks gunakan collaboration diagram.

  • Activity Diagram

Menggambarkan rangkaian aliran dari aktivitas, digunakan untuk mendeskripsikan

aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi sehingga dapat juga digunakan untuk

aktifitas lainnya seperti use case atau interaksi.

  • Component Diagram

Menggambarkan struktur fisik kode dari komponent. Komponent dapat berupa source

code, komponent biner, atau executable component. Sebuah komponent berisi

informasi tentang logic class atau class yang diimplementasikan sehingga membuat

pemetaan dari logical view ke component view.

  •  Deployment Diagram

Menggambarkan arsitektur fisik dari perangkat keras dan perangkat lunak sistem,

menunjukkan hubungan komputer dengan perangkat (nodes) satu sama lain dan jenis

hubungannya. Di dalam nodes, executeable component dan object yang dialokasikan

untuk memperlihatkan unit perangkat lunak yang dieksekusi oleh node tertentu dan

ketergantungan komponen.

0 komentar:

Posting Komentar