Bagian-bagian Dari UML
Bagian-bagian utama dari UML adalah view, diagram, model element, dan general mechanism.
1. View
View digunakan untuk melihat sistem yang dimodelkan dari beberapa aspek yang
berbeda. View bukan melihat grafik, tapi merupakan suatu abstraksi yang berisi
sejumlah diagram.
Beberapa jenis view dalam UML antara lain: use case view, logical view, component
view, concurrency view, dan deployment view.
Mendeskripsikan fungsionalitas sistem yang seharusnya dilakukan sesuai yang
diinginkan external actors. Actor yang berinteraksi dengan sistem dapat berupa user
atau sistem lainnya.
View ini digambarkan dalam use case diagrams dan kadang-kadang dengan activity
diagrams.
View ini digunakan terutama untuk pelanggan, perancang (designer), pengembang
(developer), dan penguji sistem (tester).
Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak 0-2
Pendahuluan
Mendeskripsikan bagaimana fungsionalitas dari sistem, struktur statis (class, object,
dan relationship ) dan kolaborasi dinamis yang terjadi ketika object mengirim pesan
ke object lain dalam suatu fungsi tertentu.
View ini digambarkan dalam class diagrams untuk struktur statis dan dalam state,
sequence, collaboration, dan activity diagram untuk model dinamisnya.
View ini digunakan untuk perancang (designer) dan pengembang (developer).
Mendeskripsikan implementasi dan ketergantungan modul. Komponen yang
merupakan tipe lainnya dari code module diperlihatkan dengan struktur dan
ketergantungannya juga alokasi sumber daya komponen dan informasi administrative
lainnya.
View ini digambarkan dalam component view dan digunakan untuk pengembang
(developer).
Concurrency view
Membagi sistem ke dalam proses dan prosesor.
View ini digambarkan dalam diagram dinamis (state, sequence, collaboration, dan
activity diagrams) dan diagram implementasi (component dan deployment diagrams)
serta digunakan untuk pengembang (developer), pengintegrasi (integrator), dan
penguji (tester).
Mendeskripsikan fisik dari sistem seperti komputer dan perangkat (nodes) dan
bagaimana hubungannya dengan lainnya.
View ini digambarkan dalam deployment diagrams dan digunakan untuk pengembang
(developer), pengintegrasi (integrator), dan penguji (tester).
2. Diagram
Diagram berbentuk grafik yang menunjukkan simbol elemen model yang disusun
untuk mengilustrasikan bagian atau aspek tertentu dari sistem.
Sebuah diagram merupakan bagian dari suatu view tertentu dan ketika digambarkan
biasanya dialokasikan untuk view tertentu. Adapun jenis diagram antara lain :
Menggambarkan sejumlah external actors dan hubungannya ke use case yang
diberikan oleh sistem. Use case adalah deskripsi fungsi yang disediakan oleh sistem
dalam bentuk teks sebagai dokumentasi dari use case symbol namun dapat juga
dilakukan dalam activity diagrams.
Use case digambarkan hanya yang dilihat dari luar oleh actor (keadaan lingkungan
sistem yang dilihat user) dan bukan bagaimana fungsi yang ada di dalam sistem.
Menggambarkan struktur statis class di dalam sistem. Class merepresentasikan
sesuatu yang ditangani oleh sistem. Class dapat berhubungan dengan yang lain
melalui berbagai cara: associated (terhubung satu sama lain), dependent (satu class
tergantung/menggunakan class yang lain), specialed (satu class merupakan
spesialisasi dari class lainnya), atau package (grup bersama sebagai satu unit).
Sebuah sistem biasanya mempunyai beberapa class diagram.
Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak 0-3
Pendahuluan
Menggambarkan semua state (kondisi) yang dimiliki oleh suatu object dari suatu
class dan keadaan yang menyebabkan state berubah. Kejadian dapat berupa object
lain yang mengirim pesan.
State class tidak digambarkan untuk semua class, hanya yang mempunyai sejumlah
state yang terdefinisi dengan baik dan kondisi class berubah oleh state yang berbeda.
Menggambarkan kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Kegunaanya untuk
menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antara object,
sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem.
Menggambarkan kolaborasi dinamis seperti sequence diagrams. Dalam menunjukkan
pertukaran pesan, collaboration diagrams menggambarkan object dan hubungannya
(mengacu ke konteks). Jika penekannya pada waktu atau urutan gunakan sequence
diagrams, tapi jika penekanannya pada konteks gunakan collaboration diagram.
Menggambarkan rangkaian aliran dari aktivitas, digunakan untuk mendeskripsikan
aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi sehingga dapat juga digunakan untuk
aktifitas lainnya seperti use case atau interaksi.
Menggambarkan struktur fisik kode dari komponent. Komponent dapat berupa source
code, komponent biner, atau executable component. Sebuah komponent berisi
informasi tentang logic class atau class yang diimplementasikan sehingga membuat
pemetaan dari logical view ke component view.
Menggambarkan arsitektur fisik dari perangkat keras dan perangkat lunak sistem,
menunjukkan hubungan komputer dengan perangkat (nodes) satu sama lain dan jenis
hubungannya. Di dalam nodes, executeable component dan object yang dialokasikan
untuk memperlihatkan unit perangkat lunak yang dieksekusi oleh node tertentu dan
ketergantungan komponen.
1. View
View digunakan untuk melihat sistem yang dimodelkan dari beberapa aspek yang
berbeda. View bukan melihat grafik, tapi merupakan suatu abstraksi yang berisi
sejumlah diagram.
Beberapa jenis view dalam UML antara lain: use case view, logical view, component
view, concurrency view, dan deployment view.
- Use case view
Mendeskripsikan fungsionalitas sistem yang seharusnya dilakukan sesuai yang
diinginkan external actors. Actor yang berinteraksi dengan sistem dapat berupa user
atau sistem lainnya.
View ini digambarkan dalam use case diagrams dan kadang-kadang dengan activity
diagrams.
View ini digunakan terutama untuk pelanggan, perancang (designer), pengembang
(developer), dan penguji sistem (tester).
Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak 0-2
Pendahuluan
- Logical view
Mendeskripsikan bagaimana fungsionalitas dari sistem, struktur statis (class, object,
dan relationship ) dan kolaborasi dinamis yang terjadi ketika object mengirim pesan
ke object lain dalam suatu fungsi tertentu.
View ini digambarkan dalam class diagrams untuk struktur statis dan dalam state,
sequence, collaboration, dan activity diagram untuk model dinamisnya.
View ini digunakan untuk perancang (designer) dan pengembang (developer).
- Component view
Mendeskripsikan implementasi dan ketergantungan modul. Komponen yang
merupakan tipe lainnya dari code module diperlihatkan dengan struktur dan
ketergantungannya juga alokasi sumber daya komponen dan informasi administrative
lainnya.
View ini digambarkan dalam component view dan digunakan untuk pengembang
(developer).
Concurrency view
Membagi sistem ke dalam proses dan prosesor.
View ini digambarkan dalam diagram dinamis (state, sequence, collaboration, dan
activity diagrams) dan diagram implementasi (component dan deployment diagrams)
serta digunakan untuk pengembang (developer), pengintegrasi (integrator), dan
penguji (tester).
- Deployment view
Mendeskripsikan fisik dari sistem seperti komputer dan perangkat (nodes) dan
bagaimana hubungannya dengan lainnya.
View ini digambarkan dalam deployment diagrams dan digunakan untuk pengembang
(developer), pengintegrasi (integrator), dan penguji (tester).
2. Diagram
Diagram berbentuk grafik yang menunjukkan simbol elemen model yang disusun
untuk mengilustrasikan bagian atau aspek tertentu dari sistem.
Sebuah diagram merupakan bagian dari suatu view tertentu dan ketika digambarkan
biasanya dialokasikan untuk view tertentu. Adapun jenis diagram antara lain :
- Use Case Diagram
Menggambarkan sejumlah external actors dan hubungannya ke use case yang
diberikan oleh sistem. Use case adalah deskripsi fungsi yang disediakan oleh sistem
dalam bentuk teks sebagai dokumentasi dari use case symbol namun dapat juga
dilakukan dalam activity diagrams.
Use case digambarkan hanya yang dilihat dari luar oleh actor (keadaan lingkungan
sistem yang dilihat user) dan bukan bagaimana fungsi yang ada di dalam sistem.
- Class Diagram
Menggambarkan struktur statis class di dalam sistem. Class merepresentasikan
sesuatu yang ditangani oleh sistem. Class dapat berhubungan dengan yang lain
melalui berbagai cara: associated (terhubung satu sama lain), dependent (satu class
tergantung/menggunakan class yang lain), specialed (satu class merupakan
spesialisasi dari class lainnya), atau package (grup bersama sebagai satu unit).
Sebuah sistem biasanya mempunyai beberapa class diagram.
Praktikum Rekayasa Perangkat Lunak 0-3
Pendahuluan
- State Diagram
Menggambarkan semua state (kondisi) yang dimiliki oleh suatu object dari suatu
class dan keadaan yang menyebabkan state berubah. Kejadian dapat berupa object
lain yang mengirim pesan.
State class tidak digambarkan untuk semua class, hanya yang mempunyai sejumlah
state yang terdefinisi dengan baik dan kondisi class berubah oleh state yang berbeda.
- Sequence Diagram
Menggambarkan kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Kegunaanya untuk
menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antara object,
sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem.
- Collaboration Diagram
Menggambarkan kolaborasi dinamis seperti sequence diagrams. Dalam menunjukkan
pertukaran pesan, collaboration diagrams menggambarkan object dan hubungannya
(mengacu ke konteks). Jika penekannya pada waktu atau urutan gunakan sequence
diagrams, tapi jika penekanannya pada konteks gunakan collaboration diagram.
- Activity Diagram
Menggambarkan rangkaian aliran dari aktivitas, digunakan untuk mendeskripsikan
aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi sehingga dapat juga digunakan untuk
aktifitas lainnya seperti use case atau interaksi.
- Component Diagram
Menggambarkan struktur fisik kode dari komponent. Komponent dapat berupa source
code, komponent biner, atau executable component. Sebuah komponent berisi
informasi tentang logic class atau class yang diimplementasikan sehingga membuat
pemetaan dari logical view ke component view.
- Deployment Diagram
Menggambarkan arsitektur fisik dari perangkat keras dan perangkat lunak sistem,
menunjukkan hubungan komputer dengan perangkat (nodes) satu sama lain dan jenis
hubungannya. Di dalam nodes, executeable component dan object yang dialokasikan
untuk memperlihatkan unit perangkat lunak yang dieksekusi oleh node tertentu dan
ketergantungan komponen.
0 komentar:
Posting Komentar